Jusuf Kalla: Tahun Depan, UIII Tambah Kuota Mahasiswa Luar Negeri

Admin 29 Agustus 2024 22:45:10 Nasional

DEPOK, TERAS BERITA, COM--- Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) kembali melaksanakan wisuda terhadap 98 mahasiswa tingkat S2 yang digelar di Lecture Hall Rektorat, Kampus UIII Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (29/08/2024). Wisuda kali kedua tersebut berasal dari berbagai negara, yakni Afghanistan, Yaman, India, Nigeria, Gambia, Pakistan dan Indonesia.

Wisuda ini dihadiri Ketua Majelis Wali Amanat UIII, Jusuf Kalla atau JK. Dalam keterangannya, JK menyampaikan selamat atas diwisudanya 98 mahasiswa tingkat S2 tersebut. "Selamat, ini masih awal," kata JK kepada wartawan.

Namun demikian, kata JK, pihak UIII telah menyiapkan program untuk tahun ajaran 2025. Seperti akan membangun gedung untuk menampung lebih banyak mahasiswa. "Tahun ini kita merima 500 mahasiswa. Tahun depan kita akan menerima 1000 mahasiswa," tambah Wakil Presiden ke 10 dan 12 tersebut.

Selain itu, lanjut JK, UIII akan menambah jurusan untuk tingkat S1, antara lain jurusan bio teknologi, jurusan informatika dan kesehatan masyarakat (Kesmas). 

Masih rancangan program tahun depan, UIII juga akan menambah kuota untuk mahasiswa luar negeri yang saat ini masih 25 persen. "Tahun depan kita akan nambah dengan perbandingan 50:50 (mahasiswa luar negeri dan mahasiswa dalam negeri)," ujar JK lagi.

Lebih jauh JK memahami status UIII sebagai PTN BH. Status tersebut membuat UIII mau tidak mau sebagian harus mandiri. Olehnya itu, JK mengajak masyarakat berpartisipasi untuk membesarkan UIII apalagi mahasiswa dari luar semuanya mau mendapatkan beasiswa atau free.

"Sekarang kita sebagian besar masih menggunakan dana pemerintah, namun status PTN BH membuat UIII sebagian harus mandiri. Tapi itu nanti. Jadi nanti ke depan kita mulai dengan dana abadi dari masyarakat," pungkas Ketua Umum PMI ini. (***)

Nama

Komentar

Berita Serupa yang Mungkin Anda Suka

Berita Terbaru