Sukses Digelar! Kemeriahan Pertamina SMEXPO Makassar 2024

Admin 17 September 2024 15:34:33 Megapolitan

MAKASSAR, TERAS BERITA, COM---- Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Makassar sukses digelar. Event yang berlangsung selama 2 hari ini yakni 14 hingga 15 September berhasil menarik perhatian warga Kota Makassar untuk menghabiskan weekendnya di event SMEXPO sambil menikmati kuliner dan berbelanja produk fashion dan craft UMKM unggulan binaan Pertamina.

Event terbesar di Indonesia Timur tahun 2024 ini dihadiri beberapa stakeholder penting antara lain Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H.; Direktur Pamobvit Polda Sulsel, Kombes Pol M Iftah Falahadin S.H.; Asisten Teritorial Kasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Kavaleri Eko Saptono; Kepala Dinas ESDM Sulsel, Andi Eka Prasetya S.Sos. M.M; Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Andi Tenri Beda S.Ap; GM Semen Bosowa Maros, Budi Hartono; Dekranasda; dan WKU Kadin Sulsel, Andi Oci Alepuddin.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dalam sambutannya di acara SMEXPO Pertamina 2024 di Mandala Makassar, menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina karena telah mendukung para UMKM local di Sulawesi untuk berkembang. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pertamina, dukungan dari Perusahaan besar seperti Pertamina sangat berarti bagi pengembangan UMKM dan perekonomian local. Kerja sama ini tidak hanya memperkuat hubungan antara dunia usaha dan pemerintah, tetapi juga memberikan inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi kemajuan daerah kita,” ujar Prof. Zudan.l, Selasa 17/9.

Manager CSR & SMEPP Management PT Pertamina Patra Niaga, Ibu Retno Wahyuningsih, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pertamina SMEXPO 2024 di Kota Makassar.

“Lokasi pelaksanaan acara sangat baik ya, luas, dan rangkaian acaranya juga sangat menarik, diawali dengan fun run sejauh 5 km, pound fit, artis local dan nasional yang berhasil menghibur weekend panjang warga kota Makassar, ada lomba mewarnai dan fashion show untuk anak-anak, serta masih banyak lagi,” ujar Retno.

Lebih lanjut Retno juga mengapresiasi 40 UMKM yang terlibat pada Pertamina SMEXPO 2024 di Makassar. “Rata-rata para UMKM mitra binaan sekarang ini semakin kreatif dan inovatif, tak hanya dari bidang fashion, bahkan kuliner juga. Seperti, bumbu coto, pallubasa, bahkan bebek palekko yang kini bisa dikemas untuk oleh-oleh,” imbuhnya.

Diketahui saat ini Pertamina membina kurang lebih 40.000 UMKM se Indonesia. Dan beberapa sudah go Internasional yakni telah melakukan ekspor dan ikut melakukan pameran di luar negeri seperti di Aljazair, China, dan Belanda.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan Pertamina SMEXPO merupakan agenda tahunan Pertamina. “Ini merupakan tahun kelima SMEXPO diadakan, dan pertama kalinya diadakan di Kota Makassar. Antusias warga Kota Makassar dengan adanya event ini ditandai dengan berhasil menggaet lebih dari 537 pengunjung dan transaksi penjualan dari 40 UMKM selama dua hari mencapai angka lebih dari Rp 60 Juta,” ujar Fahrougi.

Lebih lanjut Fahrougi menjelaskan tema dari SMEXPO tahun ini yaitu Lokal Menjadi Vokal. “Pelaku UMKM punya cita-cita, bagaimana produk mereka bisa dinikmati oleh Masyarakat luas hingga orang-orang diseluruh belahan dunia. Nah dengan hadir disini, kita ikuti potensi itu bisa berkembang, bisa terbukakan pintunya,” ujar Fahrougi saat memberi sambutan di acara SMEXPO Pertamina Makassar.

Fenisha05 salah satu mitra binaan yang diikutkan dalam event bergengsi tersebut mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada Pertamina. “Terima kasih kepada Pertamina yang sudah membina saya sejak Juli 2020, beberapa kali saya sudah diikutkan pameran, dan kali ini ikut di SMEXPO Pertamina 2024 di Kota Makassar. Selain membantu memasarkan produk, Pertamina juga memberdayakan saya dengan membeli produk saya untuk diberikan kepada tamu-tamu VIP sebagai souvenir dibeberapa kegiatannya,” ujar Fenisha05.

Fahrougi menambahkan harapannya terkait kegiatan SMEXPO Pertamina. “Semoga kegiatan SMEXPO ini terus ada, sebagai wujud perhatian Pertamina terhadap para UMKM penggerak perekonomian bangsa, dan semoga kami bisa hadir kembali di SMEXPO berikutnya,” tutup Fahrougi.

Informasi mengenai kegiatan ini dapat diakses melalui Instagram @smexpo.makassar dan @pertaminasulawesi, info lain terkait program-program Pertamina dapat diakses melalui website pertaminapatraniaga.com, media sosial @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC). (ks)

Nama

Komentar

Berita Serupa yang Mungkin Anda Suka

Berita Terbaru