Momentum HUT Ke-79 RI, Adnan Sebut Keberlanjutan Pembangunan Kunci Kemajuan Daerah

Admin 17 Agustus 2024 14:38:31 Headline

GOWA, TERAS BERITA, COM---- Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2024 berjalan sukses dan lancar. 

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gowa yang beranggotakan 70 orang itu mampu mengibarkan bendera sang saka merah putih dengan baik di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu (17/8). 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan tema HUT Ke-79 RI yaitu "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang merupakan seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan, salah satunya melalui keberlanjutan pembangunan. 

"Salah satu arti tema ini kan adalah ibukota Nusantara, dan transisi emas menuju Indonesia Maju. Ini sudah berkesesuaian dengan momentum yang akan kita hadapi beberapa bulan ke depan, salah satunya Pilkada serentak tanggal 27 November, dimana memang yang dibutuhkan adalah keberlanjutan pembangunan, sehingga mudah-mudahan melalui momentum kemerdekaan ini, semua yang akan menjadi calon Bupati/Walikota maupun Gubernur itu betul-betul mampu merumuskan visi dan misi dalam rangka keberlanjutan pembangunan," ungkapnya. 

Adnan menyebut, pemerintah telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 sehingga kepala daerah dalam menyusun program harus berkesesuaian dengan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. 

"Kepala daerah dalam menyusun visi dan misi harus memperhatikan betul RPJPD kita agar sinkron antara pembangunan yang ada di pusat, provinsi, maupun kabupaten salah satunya melalui keberlanjutan pembangunan," jelasnya. 

Olehnya ia berharap di momentum HUT Ke-79 RI keberlanjutan pembangunan harus dilakukan demi mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN). Apalagi Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan secara keseluruhan salah satu daerah penyangga utama dari IKN, khususnya pertanian, peternakan dan perkebunannya. 

"Kita berharap Sulawesi Selatan, Kabupaten Gowa mampu menangkap peluang itu. Terlebih Sulsel adalah lumbung pangan, maka kita harus persiapkan kabupaten Gowa di masa yang akan datang untuk menjadi penopang IKN khususnya dalam kebutuhan pangan," harap Adnan. 

Sementara itu, salah satu anggota Paskibraka, Nurhayati Putri dari SMA Madania (16 tahun) 

mengaku dirinya bersama anggota lainnya telah latihan sebaik mungkin sehingga upacara pengibaran maupun saat penurunan nanti hasil dari kerja keras itu. 

"Alhamdulillah kita sudah latihan selama Agustus ini, semoga semuanya lancar sampai upacara penurunan," harapnya. 

Pada upacara kemerdekaan ini, Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin dan turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan, Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf, jajaran Forkopimda Gowa dan jajaran SKPD Lingkup Pemkab Gowa. (**)

Nama

Komentar

Berita Serupa yang Mungkin Anda Suka

Berita Terbaru